Langsung ke konten utama

PECANDU GAME ONLINE MENGAKIBATKAN KERUSAKAN MENTAL BAGI SISWA - SISWI KELAS 11IPS2 SMA KRISTEN KANAAN JAKARTA

BAB 1



PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Anak muda zaman sekarang pasti identik dengan teknologi. Dalam berkembangnya teknologi tidak hanya berupa barang-barang seperti gawai dan peralatan lainnya melainkan pula permainan. Game Online atau daring ini merupakan permainan dimana kita dapat bermain dengan orang yang berbeda kota sampai negara.
       
Daring atau Game Online memang menyenangkan untuk dimainkan karena fariasi game yang jauh lebih banyak dan memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dari pada permainan lainnya. Namun sangat disayangkan karna game online banyak anak muda yang terkena gangguan atau kerusakan mental akibat tidak dapat memilah mana yang harus ditiru, dan terlalu terobsesi dalam game online.
          Pada tahun 2015 ditemukan kasus seorang pria di Taiwan tewas disebuah warnet setelah tiga hari berturut - turut bermain game pria tersebut diduga meninggal karena kelelahan bermain game online selama 72 jam tanpa henti.
http://techno.okezone.com/read/2016/08/09/326/1458986/korban-meninggal-dunia-saat-bermain-game-online
Penulis mengambil judul "Pecandu Game Online Mengakibatkan Kerusakan Mental Bagi Siswa-Siswi Kelas 11IPS2 SMA Kristen Kanaan Jakarta" dikarenakan membengkaknya angka pemain game online di Indonesia yang mengakibatkan kerusakan mental bagi para pemain game online, terutama bagi para remaja, maka dari itu kenapa hal ini penting untuk diteliti dan di bahas.

Penulis menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik angket dalam pengumpulan data. Penulis menggunakan metode ini karena metode dan teknik ini memudahkan penulis dalam memperoleh hasil jawaban yang banyak lebih cepat ketimbang melalui cara wawancara maupun konservasi dan sebagainya.


1.2 Rumusan masalah



  1. Apa hubungannya bermain game online dengan kerusakan mental ?
  2. Apa saja dampak negatif dari kerusakan mental akibat bermain game online ?
1.3 Tujuan
  1. Untuk mengetahui hubungan game online dengan kerusakan mental.
  2. Untuk mengetahui dampak negatif dari bermain game online secara berlebihan atau kecanduan.
1.4 Manfaat
  1. Agar para pemain game online lebih mengetahui dampak dari bermain game secara berlebihan yang membuat kecanduan sehingga mengakibatkan kerusakan mental.
  2. Agar para pemain game online dapat mengurangi waktu bermain game online secara berlebihan agar terhindar dari kerusakan mental.




BAB 2



STUDI PUSTAKA

2.1 Pecandu Game Online 
   2.1.1 Definisi Pecandu
            Menurut KBBI Pecandu adalah sesuatu yang menjadi kegemaran.

            Dapat disimpulkan Pecandu merupakan kegemaran tersendiri yang bisa berakibat negatif maupun  positif.

   2.1.2 Definisi Game Online
            Menurut Ivan C Sibero. game online adalah sebuah aplikasi yang digunakan paling banyak untuk dipakai dan dinikmati oleh para pengguna media elektronik saat ini. Baik PC komputer, laptop, tablet bahkan handphone. Dan game itu terkoneksi dengan internet.

            Dapat disimpulkan Game online merupakan aplikasi yang dipakai oleh para pengguna media elektronik saat ini yang berarti game online sudah tersebar luas di era yang serba canggih ini.


2.2 Kerusakan Mental 
   2.2.1 Definisi Kerusakan
            Menurut KBBI Kerusakan adalah sudah tidak sempurna.
   
            Dapat disimpulkan bahwa kerusakan adalah keadaan dimana tidak seperti pada umumnya.

   2.2.2 Definisi Mental 
            Menurut KBBI Mental adalah bersangkutan dengan batin dan watak manusia.

            Dapat disimpulkan bahwa mental adalah hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia.

2.3 Kerusakan Mental Akibat Game Online
       Seperti yang dilansir dari keluarga.com yang ditulis oleh Agung Candra Setiawan dampak negatif bermain game online dari beberapa segi yaitu :  

       1. Dari segi jasmani 
           Bermain game secara berlebihan yang mengakibatkan daya tahan tubuh lemah. sehingga dapat menimbulkan penyakit seperti : serangan jantung, stroke, mata minus, dan masih banyak lagi.

       2. Dari segi psikologis 
           Menghambat proses pendewasaan diri 
           Bermain game secara berlebihan yang menimbulkan sikap pemalu, minder, kurang percaya diri, manja, dan kekanak-kanakan.
          
       3. Dari segi waktu
           Bermain game secara berlebihan dapat menyita waktu banyak tanpa disadari sehingga yang tadinya dipakai untuk latihan atau belajar tetapi digunakan untuk bermain game.

       4. Dari segi keuangan 
           Mengajarkan pemborosan dan ketidak jujuran
           Bermain game secara berlebihan atau kecanduan menimbulkan sikap yang boros dan tidak jujur.
   
       5. Dari segi sosial 
           Kesulitan bersosial dengan orang lain
           Bermain game secara berlebihan yang mengakibatkan jiwa menjadi tidak mau bersosial di dunia nyata, berupa munculnya sikap anti sosial, tidak mau berbaur dengan sesama.



Bab 3
Metode Penelitian

3.1 Metode penelitian
            Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif merupakan metode dimana hasil pengolahan data penelitian berupa angka dalam diagram . Penulis mengambil metode kuantitatif dikarenakan penulis ingin mengetahui seberapa besar perbandingan data.

3.2 Teknik Pengumpulan Data
            Penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner. Angket atau kuisioner yang digunakan berbentuk angket tertutup. Penulis memilih teknik ini dikarenakan memudahkan penulis dalam mengumpulkan data yang banyak secara cepat.

3.3 Populasi Dan Sample
            Penulis mengambil populasi dari kelas 11 IPS 2 SMA Kristen Kanaan, Kran raya no.7, Jakarta Pusat, serta memilih 10 sample dari populasi tersebut.

Pertanyaan : 
1. Apakah game online sangat bermanfaat bagi diri anda ?
A. Ya
B. Tidak 

2. Menurut anda apakah game online dapat menyebabkan kerusakan mental ?
A. Ya
B. Tidak

3. Apakah game online dapat melatih pemikiran ?
A. Ya
B. Tidak
       
4. Menurut anda apakah anda dari segi jasmani mengalami perubahan akibat bermain game online ?
A. Ya
B. Tidak

5.  Apakah ketika anda bermain game anda kehilangan banyak waktu ?
A. Ya
B. Tidak

6. Apakah dikehidupan nyata hubungan sosial menjadi lebih baik ketika bermain game online ?
A. Ya
B. Tidak

7. Apakah akibat bermain gameonline mempengaruhi anda dalam segi psikolog ?
A. Ya
B. Tidak

8. Apakah anda termasuk pecandu game online ?
A. Ya
B. Tidak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TTS Pelajaran Geografi.

MENDATAR   1. Ekosistem besar dengan daerah luas terdiri dari flora dan fauna yang khas merupakan pengertian dari ?  3. Persebaran bioma gurun banyak terdapat  yang di benua Australia (Gibson), Indonesia (Parangtritis), Afrika Utara (Sahara), Asia (Takla Makan), dan Amerika Utara (Great Basin). adalah pengertian dari bioma ?  5.  Suatu derah yang menerima curah huhan sedikit-kurang dari 250 mm/tahun. adalah bioma ? 6.  Bioma yang berupa hutan basah atau lembab, yang ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa, yaitu kurang lebih lintang 0-10 derajat celcius ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa. adalah bioma ? 7.  Bioma yang terletak pada kisaran 30-40 derajat lintang LU/LS denga beriklim sedang, adalah bioma ? 8.  Padang rumput yang diselingi oleh gerombolan semka dan pohon. adalah bioma  11.  Menurut A. Russell Wallace , Amerika selatan bagian tengah merupakan daerah ? 12.  Menurut A. Russell Wallace , asia, himalaya bagian selatan merupakan da

Kolonialisme dan Imperialisme

Era Kolonialisme dan Imperialisme awal di tandai dengan penaklukan bangsa Spanyol ke Portugis ke negri-negri timur yang kaya akan hasil bumi. perjalanan menjelajah bangsa Eropa berawal dari beberapa sebab, yaitu perang Salib yang menyebabkan jatuhnya Konstantinopel sehingga terputusnya jalur dagang antara Eropa dan Asia. Sehingga bangsa Eropa mencari jalur menuju daerah yang kaya akan rempah-rempah dengan cara berlayar. 1. Pengaruh dan Kekuasaan Kolonialisme Portugis di Indonesia A. Tokoh perjalanan bangsa Portugis   Penjelajah Pertama adalah Bartholomeus Diaz adalah seorang penjelajah berkebangsaan Portugis yang berhasil mencapai Tanjung Harapan pada tahun 1487. Kemudian Vasco da Gama mengginjakkan kaki di Calicut pada tahun 1498. Setiap daerah yang masih baru Alfonso d'Albuquerque bersama armadanya berhasil menaklukkan Malaka pada tahun 1511 dan tiba di Maluku tahun 1512 dan bersahabat dengan Ternate B. Tujuan dan Upaya Keberhasilan. Tujuan Ekonomi untuk mencari keun

Cornelis de Houtman

Cornelis de Houtman lahir di Gouda, Holland Selatan, pada tanggal 2 April 1565 - Meninggal di Aceh, 11 September 1599 pada usianya 34 tahun. Cornelis de Houtman adalah seorang penjelajah dari Belanda yang berhasil menemukan jalur pelayaran dari Eropa ke Indonesia dan berhasil membuat pedagangan rempah-rempah bagi Belanda. Pada masa itu kerajaan Portugis mempunyai monopoli terhadap perdagangan tersebut, perjalanan Cornelis de Houtman adalah tanda kemenangan, meski perjalanannya tidak berlangsung baik. Latar belakang dan awal perjalanan Pada tahun 1592 Cornelis de Houtman dikirim ke Lisboa oleh para pedangang Amsterdam untuk mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang kepulauan rempah-rempah. Pada saat itu para pedagang Memastikan bahwa Banten merupakan tempat yang paling tepatuntuk membeli rempah-rempah. Pada tahun 1954 para pedagang mendirikan compagnie van verre yang artinya perusahaan jarak jauh. Sewaktu di perjalanan mereka mengalami pertengkaran sehingga banyak orang yang ter